Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Korupsi lahan zikir, Kadis PUPR Banda Aceh ditangkap

33
×

Korupsi lahan zikir, Kadis PUPR Banda Aceh ditangkap

Share this article
Example 468x60

Muhammad Yasir pejabat Kepala Dinas (kadis) PUPR Banda Aceh ditangkap Polisi terkait dugaan kasus korupsi pembebasan lahan zikir Nurul Arafah Islamic Center, penangkapan ini dibenarkan Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh, Kompol Fadillah Aditya Pratama.

Muhammad Yasir ditangkap langsung saat berada di ruang kerjanya.

Example 300x600

“Benar. Kita telah menangkap Kepala Dinas PUPR karena terlibat dalam dugaan korupsi pengadaan lahan zikir Nurul Arafah Islamic Center,” kata Fadillah, Senin (7/8).

Dalam kasus itu, sebelumnya Yasir menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Kabid Pembangunan dan Penata Ruang Dinas PUPR Banda Aceh. Ia tak memverifikasi setiap aliran dana yang ditransfer ke rekening pribadi mantan Kepala Desa Ulee Lheue.

“Yang bersangkutan diduga mengetahui secara jelas aliran dana yang di mana saat pembayaran dinas langsung mengirim ke rekening pribadi kepala desa yang sudah ditetapkan tersangka,” katanya.

Awal mula kasus
Kasus itu bermula saat Pemerintah Kota Banda Aceh menganggarkan Rp5,1 miliar untuk pengadaan dan pembebasan lahan zikir NAIC. Dana itu berasal dari APBD yang ditempatkan di Dinas PUPR Kota Banda Aceh tahun anggaran 2018 dan 2019.

Hanya saja dalam proses pembebasan lahan terindikasi penyimpangan terhadap 9 persil tanah. Kemudian saat pencairan, kepala desa saat itu tidak melampirkan rekening kas desa, melainkan rekening pribadi.

Lantas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh mendapat temuan yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 1 miliar.

Dari kasus tersebut, mantan Kepala Desa Ulee Lheue berinisial DA (25) dan mantan Kasi Pemerintahan Desa Ulee Lheue berinisial SH (46) sudah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka. (CNN Indonesia)

BACA JUGA : AHY Dilantik Menjadi Menteri ATR/BPN

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Meskipun persaingan bisnis AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) di tanah air semakin menjamur, namun AMDK dengan Merk Q-QUA tetap optimis masuk ke dalam persaingan di pasar retail.